sepeda onthel

sepeda onthel model palang
Sepeda kuno, menjadi barang yang kurang berharga dimata mereka yang hidup di kalangan bawah (seperti saya tentunya), karena mereka kebanyakan tidak/belum memahami arti nilai sejarah yang tak ternilai harganya. Banyak sekali masyarakat yang hidup di daerah-daerah tak terduga, memilki sepeda kuno yang memiliki nilai sejarah yang besar. Kebanyakan dari mereka enggan untuk menjual, ataupun merenovasi sepeda tersebut, ".......yomen koyo ngono kuwi wae..., arep di kapakke maneh??....wis ben...... nggo kenang-kenangan....."( hahahaha........).
Dan dari salah satu jenis sepeda onthel kuno tersebut, salah satumya adalah seperti yang tampak pada photo di atas. Kebetulan sepeda tersebut milik teman saya, yang di peroleh secara tutun temurun( maaf, nama tidak saya publikasikan).
Menurut penuturan pemiliknya (sang Kakek), sepeda tersebut adalah peninggalan teman seperjuangannya dahulu, sebelum era kemerdekaan negara Indonesia. Woooww.....
Dari kisah singkatnya, sang Kakek yang waktu itu berjuang di Semarang (Jawa Tengah), di titipin oleh temannya yang akan pergi ke luar Jawa untuk mengurus sesuatu. Tidak tanggung-tanggung, pemilik asli sepeda ini adalah salah satu pahlawan nasional kita, yang waktu itu berperan besar dalam mendirikan negara ini. (...hehe... nama masih saya rahasiakan... sorry).
Sampai sekarang sepeda tersebut ada disimpan oleh teman saya.
Nah.... berhubung teman saya ini (maaf) bukan orang kuno, ada niatlah untuk memanfaatkan sepeda ini, katanya sih mau di jual......(ohhh... ampun).
suspensi/pegas
Tentang keadaan sepeda, seperti tampak pada photo, masih suueeegeerrr.....belum ada modifikasi ulang dari sepeda ini, hanya ban saja yang pernah di ganti (maklum, uzur). Bagian-bagian sepeda masih utuh semua, seperti daya suspensi depan pada sepeda, tampak di photo samping. Sempat saya lihat dan saya teliti, nggak ada modifikasi dari system suspensi ini alias murni dari jaman purba...........(maaf). Tapi keadaan ban depan atau belakang sudah di ganti.
 
rangka belakang


Dan pada rangka bagian belakangpun masih rangkaian yang belum di modifikasi. ..... Terkagum-kagum aku pada sang Kakek yang merawat sepeda ini.
Ahhhh..... sulit untuk cerita, maaf, memang saya nggak hoby kasih cerita yang panjang.
Singkat kata, sepeda onthel kuno tersebut akan di jual oleh teman saya. Bagi yang berminat ataupun penasaran tentang sepeda ini, langsung saja kirim email ke muat_klaten@yahoo.com .
Thankyou, maturnuwun...........